mercredi 13 octobre 2010

usaha filsafat menguak hakikat kebenaran dan kebijaksanaan

setelah kita mengetahui pengertian filsafat adalah cinta kebnijaksanaanm kita akan mempelajari bagaimana usaha filsafat menguak hakikat kebenaran dan kebijaksanaan. usaha dilsafat dilakukan oleh manusia karena filsafat adalah ide sedangkan yang nyata adalah manusia. manusia yang mencari hakikat kebenaran dan kebijaksanaan dalam filsafat disebut filosof. ceritanya begini:

bermula dari keadaan biasa saja, seorang manusia menjalani rutinitas yang ajeg. lalu hatinya merasa jenuh, bosan dan frustasi atau tertimpa masalah ( sesuatu yang biasa dalam hidup). lalu dia mulai mempertanyakan untuk apa ia melakukan semua ini. ia bertanya untuk apa ia beraktifitas, bekerja, hidup, ada, berbuat baik, menjalin hubungan sampai apap itu kehidupan, untuk apa kehidupan itu ada, terutama hidupnya.
manusia di atas terus mencari jawabn pertanyaan-pertanyaan tadi sampai tahu tujuan hidupnya dan menemukan panduan hidupnya. harapannya rujuan hidup itu memandu cara hidup. ia ingin menjalani hidup yang optimal, berarti secara hakikat dan tepat. dengan begitu hidupnya bermanfaat, berarti dan tidak sia-sia ketika ia harus meninggalkannya.
manusia itu mencari jawaban tujuan hidup agar ia bisa bijaksana karena ia sadar kebijaksanaan adalah jawaban/ cara yang paling tepat dalam menjalani hidup dan memecahkan masalah. oleh karena itu dia mencintai kebijaksanaan dan terus berusaha mencapainya. ia mencintai kebijaksanaan dan membuyktikan kecintaannya melalui ujian-ujian hjidup. ketika ia berhasil melewati ujian-ujian yang semakin lama semakin besar, ia mendapat hadiah dari Tuhan berupa pengetahuan, kebijaksanaan dan pernghormatan dari masyarakat. namun ia tidak menjadi sombong. ia terus belajar meniti kebijaksanaan walau rasanya seperti mengupas kulit bawang.
filosof di atas mempertanyakan segala hal, realitas untuk mendapatkan definisi, pengertian, pemahaman yang jelas dan tepat terhadap beragam hal. ia menghancurkan sistem gagasan lama yang menurutnya semrawut  dan salah kaprah lalu menyusun kembali dengan pengertian yang tepat dan hubungan yang logis. ia menysusun sistem pemikiran filsafat yang universal. logikanya tak terbantahkan. oleh karena itu ia terus membangun penjelasan yang logis terhadap seluruh realitas.
dari cerita di atas kita tahu bagaimana usaha filsafat menguak hakikat kebenaran dan kebijaksanaan. ia meneliti dari kebenaran dasar lalu menyusun sistem yang logis. ia mempertanyakan realitas, definisi, hubungan dan pemahaman lalu menata kembali semuanya. setelah kita tahu ceritanya. sekarang kita siap untuk melangkah masuk dalam dunia filsafat.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire