dimanche 10 octobre 2010

menulis di blog


dulu kita menulis pemikiran, perasaan dan catatan harian di buku tulis. kita menulis dengan tangan dan pen. kita bisa menghabiskan buku 58 halaman dalam 1 bulan. kalau umur panjang ( semoga) tulisan kita mencapai dua kardus lebih. betapa berharganya tulisan sebanyak itu. sayangnya hanya kita sendiri yang bisa menikmati semua tulisan tersebut.
sekarang kita bisa menulis di blog. kalau menulis di blog kita mengetik di komputer lalu mempublikasikan di internet. sehingga orang-orang di internet bisa membaca dan mengkomentari kita. selain itu mereka juga bisa memberikan masukan berupa saran, kritik dan tamabahan sehingga kualitas tulisan kita meningkat.
menulis di blog juga bisa membuat tulisan kita efisien karena tulisan yang banyak satu buku tulis bisa dimasukkan memori sebesar kira-kira 1 megabyte. kita tidak butuh banyak ruang untuk menyimpan tulisan-tulisan kita. kita juga bisa mengedit tulisan dengan mudah di blog seperti menghapus dan menambah karena komputer itu fleksibel.
sebelum menulis vi blog aku jelaskan dulu apa itu blog. biarpun teman-teman sudah tahu aku akan tetap terangkan ecara sekilas biar kita punya argumentasi dasar yang benar atau premis. selain itu keterangan ini aku gunakan sebagai dokumentasi aku pribadi dan teman-teman. lebih baik ada sedikit bukti daripada tidak ada sama sekali.
blog adalah situs pribadi yang berisi jurnal, berita dan artikel. blog biasanya berisi tulisan, gambar, foto, musik dan video. tulisan-tulisan dalam blog disebut posting. posting-posting biasanya dikelompokkan menurut kategori tertentu dan disusun berurutan dalam arsip. penulis blog dsebut blogger. kegiatan menulis di blog disebut blogging. komunitas blog sedunia disebut blogosphere. kegunaan blog adalah untuk menyampaikan aspirasi kepada seluruh pembaca lalu mendapat masukan dari pembaca.
saat ini ada banyak situs penyedia blog seperti blogger, wordpress, blog, xanga dan lain-lain. 2 yang paling terkenal adalah blogger dan wordpress. aku pun punya 2 blog di blogger dan wordpress. namanya winterwing dan sastrawahyu ini. di sini aku sertakan tutorial agar teman-teman bisa download dan pelajari.
1. tutorial blog blogspot
2. tutorial blog wordpress
3. SEO starter guide
4. kiat promosi blog

aku sertakan juga ebook promosi blog agar teman-teman bisa mempromosikan blog secara efektif. kalau teman-teman promosi teman-teman bisa terkenal, banyak didatangi pengujung, banyak dikomentari dan masukan sehingga nanti kalau sudah banyak bisa diuangkan. asyik kan?
coba aja. gratis.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire