samedi 25 septembre 2010

aliran pemikiran

aliran pemikiran dalam filsafat adalah paradigma hidup, prinsip dan sistem nilai (yang menurunkan sisitem etika baginya) bagi filosof dan para pengikutnya dalam menjalani hidup. aliran filsafat merupakan pola pemikiran dan sikap bagi orang-orang tersebut. dengan demikian aliran pemikiran menjadi agama bagi manusia filosof dan para pengikutnya. agama aliran filsafat ini didasarkan pada pemikiran mereka.
aliran filsafat pada mulanya adalah salah satu konsep kebenaran yang tunggal dan sederhana seperti gagasan plato bahwa ada dunia ide sebelum dunia nyata ada. tapi kemudian konsep itu dikembangkan menjadi banyak menjadi sistem dan menyeberang ke dalam bidang-bidang lain dalam hidup dengan silogisme.
contoh:
dunia ide ada sebelum dunia nyata ada. konsep ini dikembangkan menjadi dunia ini pernah tercipta sebelumnya sehingga menurunkan konsep reinkarnasi, yaitu kita semua pernah hidup di dunia sebelumnya. konsep ini diulang-ulang menjadi siklus alam semesta. jelas gagasan ini salah. makanya untuk melakukan generalisasi ini filosof harus hati-hati.
konsep tunggal ini ketika menjadi besar dan menjadi sistem, maka orang lain bisa mengkritik kesalahannya karena memang tidak ada manusia yang sempurna. pemikiran manusia pun memang terbatas. salah satu pengikut aliran misalnya idealisme Plato mengkritik sebagian kecacatan sehingga menysun sistem yang melengkapi gagasan itu. tapi ketika sistem buatan pengikut itu makin besar, sistem baru itu menjadi aliran filsafat baru. aliran baru itu cabang dari induknya. contoh eksistensialisme dari Soren kierkegaard.
makanya dari konsep-konsep yang sederhana ini ketika digeneralisir menjadi sistem yang besar, ia cenderung memiliki kesalahan karena melampaui bidangnya. ia lalu dikritik dan lahir aliran baru. begitu seterusnya.
sampai manusia capek denan filsafatnya.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire