samedi 18 septembre 2010

isme pada intinya

banyak aliran-aliran dalam filsafat menggunakan nama-nama berakhiran isme seperti idealisme, empirisme, rasionalisme, eksistensialisme dan lain-lain. nama aliran itu dibentuk dari sebuah kata dan imbuhan isme. imbuhan isme menunjukkan inti dari aliran filsafat tersebut. akhiran isme menunjukkan intinya aliran itu memuja, mengagungkan atau menjadikan kata/ konsep tersebut landasan sistem filsafat mereka. contoh aliran sebagai berikut:
> empirisme. empiris berarti lapangan atau pengalaman. empirisme berarti aliran filsafat yang memuja/ melandaskan sistem filsafat mereka pada pengalaman. aksioma mereka adalah: pengalaman adalah sumber pengetahuan yang utama. kita tidak membahas aliran ini sekarang tapi kita akan bahas nanti. sekarang kita membahas akhiran isme tersebut.


> rasionalisme. rasio berarti akal atau perbandingan. rasionalisme berarti aliran filsafat yang memuja/ melandaskan sistem filsafat mereka pada pengetahuan akal dan logika. aksioma mereka adalah: akal  logika adalah sumber pengetahuan yang utama.

aliran di atas adalah aliran pada cabang epistemologi. pada cabang ontologi ada beberapa aliran:

> monisme dari mono dan isme. berarti segala yang ada di alam semesta adalah bagian dari satu keseluruhan. para penganut pemikiran monisme berkeyakinan seluruh alam semesta adalah satu organisme yang maha cerdas. aksioma mereka adalah : semua adalah satu dan satu adalah semua. aliran ini seperti pantheisme. pan berarti semua thei artinya Tuhan isme artinya pemikiran. pantheisme artinya pemikiran bahwa seluruh alam semesta adalah tuhan dan Tuhan meliputi seluruh Alam semesta. ini aliran mereka, bukan aliran penulis.
> dualisme dari dual berarti dua dan isme berarti pemikiran . aliran ini berkeyakinan seluruh alam semesta dibentuk dari dua esensi yang saling bertarung abadi. kadang satu kalah kadang menang. pertarungan ini banyakk dilihat dalam ajaran kuno seperti yin-yang, dewa-dewi, pertarungan abadi setan malaikat, demon and angel dan lain-lain. aliran ini menggunakan argumen bahwa semua yang ada di bumi ini berpasangan sehingga ada dua esensi di alam semesta. contoh pasangan di alam semesta adalah siang malam, laki-laki perempuan, kiri kanan dll.

banyak sekali aliran isme dalam filsafat. mungkin akan berkembang lagi kelak. dengan memhaami isme ini kita akan bisa mendapat gamabarn awal arti aliran tersebut. isme benar-benar menunjukkan inti dari aliran filsafat itu. kata berakhiran isme juga menunjukkan konsep yang mejadi landasan sistem filsafat sehingga kita bisa dapat mengerti secara sederhana dan dapat menilai kebenaran sistem filsafat tersebut.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire