jeudi 29 juillet 2010

menulis catatan harian

teman-teman punya catatan harian? apa teman-teman pernah menulis catatan harian?
kalau teman-teman menulis catatan harian dan menyimpannya serta meneruskan kebiasaan itu dalam waktu yang lama teman-teman akan mempunyai catatan harian.
kenapa kita sebaiknya menulis catatan harian?
 karena catatan harian mencatat apa saja yang kita lakukan dan pengalaman-pengalaman yang kita dapat setiap hari seumur hidup. catatan harian merekam apa yang kita rasakan dalam senang, sed, marah, ingin tahu dan apa saja yang kita lakukan  seperti jatuh cinta, kencan pertama, hari pertama masuk kelas, rekreasi dan lain-lain. dengan semakin anyaknya catatan harian yang kita tulis kita bisa mendata semuanya. kita jadi punya simpanan ingatan yang tercetak dengan jelas daripada kita simpan dalam otak kita. otak kita selalu menerima informasi baru setiap detik sehingga bisa melupakan hal-hal yang lama. kita bisa jadi lupa detail-detail peristiwa yang kita alami. dengan catatan harian kita bisa mengingat semua itu, mengenang dan belajar kembali dari pengalaman masa itu. ingat, kita bisa belajar dari pengalaman kalau kita mempunyai memori,menganalisis kesalahan keputusan kita di mana (bukan mengapa kita melakukan atau mengalami peristiwa itu) lalu mengambil keputusan yang bebeda dari kepututsan yang dulu. itu membuat perbedaan.
cara menulis catatan harian sepertinya tak perlu dibahas terlalu banyak ya?
kurasa teman-teman sudah tahu secara intuisi. kita tinggal menulis apa saja yang kita alami seharian dalam buku lalu teruskan minimal 100 hari. kalau sudah 100 hari menulis catatan harian akan menjadi kebiasaan yang baik untuk diri kita dan perkembangan pribadi kita.
tahukah teman-teman perusahaan-perusahaan sukses juga memiliki catatan harian? bahkan catatan harian mereka lebih lengkap. mereka punya arsip laporan keuangan tiap periode, produksi, notula rapat, kepututsan dan kebijakan manajer puncak sampai absensi karyawan. mereka melakukan dan menyimpan semua itu karena sadar setiap informasi kecil mempunyai pengaruh penting terhadap kepututsan-keputusan mereka untuk masa depan perusahaan. bakan lagi data -data catatan haian mereka dibungkus dalam program yang sangat dilindungi oleh sistem keamanan jaringan.
jadi kita sadar menulis catatan harian merupakan satu langkah menuju pribadi yang tegas dan mandiri. kita coba yuk.
6JBKUBFZ7ETV

2 commentaires: